CIPTAGELAR FM

  Posted on   by   No comments

RSC Radio Swara Ciptagelar, Eksis sejak tahun 2004  sebagai wadah media komunikasi Kasepuhan dengan warga kasepuhan,  tayang sebagai media komunitas warga kasepuhan.

Ini merupakan karya tangan langsung dari seorang Abah sejak beliau masih duduk dibangku SMP kelas 2 saat beliau sekolah di Cikembar, beliau sudah menguasai frekuensi FM dari belajar secara otodidak hingga bertemu dengan orang orang yang memberikan keilmuan elektronika yang beliau kuasai hingga kini.

Kasepuhan Ciptagelar (2001) adalah sebuah nama baru kasepuhan dari nama sebelumnya Ciptarasa, Linggarjati, Sirnarasa, Sirnaresmi hingga awal keberangkatan kasepuhan dari Bogor pada 1368, nama Ciptagelar sesuai dengan waktunya kasepuhan harus meng-gelar-kan kembali tatanan leluhur yang di pegang sebagai titipan leluhur untuk dijalani hingga saat ini, dimana desakan modern cukup mengikis beberapa masyarakat adat lainnya dari tatanan tradisinya. Ciptagelar masih menjaga tatanan keaslian tradisi leluhur sebagai titipan , dengan hidup dalam keseimbangan tatanan modern saat ini.

Kudu Bisa Ngigelan Jaman, Tapi Ulah Kabawa Ku jaman

Harus bisa menyeimbangkan kondisi dan perkembangan jaman saat ini, dengan tidak menggantikan tradisi leluhur, apalagi hingga dihilangkan.

Konsep adat ini yang sedikit berbeda dengan masyarakat adat lainnya, sehingga walaupun tinggal dan hidup dipegunungan jauh dari keramaian kota, Ciptagelar membangun segala kebutuhan modern dari kelistrikan lewat turbin air hingga perangkat dan alat modern saat ini yang umum dibelahan dunia lainnya pun tidak berbeda.

Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah konsep hidup warga adat Banten Kidul, sesuai namanya ada visi dan misi kasepuhan yang dalam aplikasinya membangun infrastruktur meng-gelar-kan tatanan leluhur ini, salah satunya lewat komunikasi Radio, yang dikenal dengan RSC FM , mengudara di frekuensi konitas 107,7MHz, alat komunikasi antar warga kasepuhan yang sekligus menjadi alat penyampai informasi dari kasepuhan Ciptagelar  buat warga Banten Kidul pada umumnya.

Seiring dengan waktu Radio Swara Ciptagelar atau CIPTAGLAR FM dari asalnya sebagai radio komunitas, maka pada tahun 2018 mulai meningkatkan dan memperluas jangkauan siaran dengan menjadi Radio Komersial CIPTAGELAR FM 91,0MHz. tahap awal dengan memulai pembangunan stasiun radio siaran di Marinjung – Cimaja- Palabuan Ratu.

Empat Belas tahun sudah menjalani media komunikasi radio komunitas tanpa beban dan tanpa pretensi, sekarang saatnya RSC lebih bisa menyampaikan informasi dengan suara lebih bisa menjadi pembanding lewat hiburan yang menjadi kepanjangan tangan proses menggelarkan tatanan leluhur tentang hidup dan kehidupan tradisi.

salam untuk semua !

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.