NGASEUK 2018

Prosesi Ngaseuk atau prosesi penanaman padi di tahun ini akan dimulai dengan prosesi menanam di Huma Rurukan  (tempat penanaman padi kasepuhan) , Ngaseuk juga adalah prosesi menanam padi dilahan kering dengan memanfaatkan kemiringan lahan yang ada.

Acara Ngaseuk untuk penanaman padi tahu 2018 masa panen 2019 ini berlokasi di gunung Cikarancang yang berada di belakang perkampungan Ciptagelar, akan dilaksanakan pada hari Jumat 12 Otober 2018. prosesi penanaman padi yang selalu diiringi musik Angklung Buhun Dogdog Lojordan seni Jipeng sebagai bagian dari tata tradisi kasepuhan , mengiringi orang orang yang menanam padi yang dipimpin langsung oleh Kasepuhan yaitu Abah dan Emak, pelaksanaan Ngaseuk sendiri dilaksanakan di pagi hari sebelum matahari meninggi.

Kegiatan pada prosesi Ngaseuk Kasepuhan Ciptagelar 2018, seperti halnya kegiatan ngaseuk sebelumnya, dimulai sejak hari sebelumnya yang keramaiannya di hibur oleh barisan Tatabeuhan seperti Angklung, Topeng, Wayang Golek dan Jipeng juga Degung, yang dilanjutkan dengan prosesi selamatan sukuran para baris kolot sepuh lembur di pusat kasepuhan.

 

 

  Get Directions

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.