SERAH PONGGOKAN

Serah Ponggokan tahun 2019 akan berlangsung pada tanggal 2,3 dan 4 Agustus.

Apakah itu Serah Ponggokan? yaitu sebuah acara besar tahunan ke empat yang berlangsung setiap tahunnya menjadi ciri tradisi dan adat kasepuhan Ciptagelar < waktunya Serah Ponggok kepada orang tua. Secara lingusitik, kata Serah Ponggok sebagai pasangan dari kata ‘Pungguk’ yaitu batas  Punggung dengan kepala ,  Ponggok (Batin) >< Pungguk (lahir) ini artinya serah Ponggok adalah serah batiniyah kepada orang tua ( sepuh) yang berarti  menyerahkan Jiwa dari tahun ke tahun.

untuk memperjelas maksud acara ini dalam bahasa Sunda ada istilah Masrahkeun beuheung Teukteukeun tikoro Gorokeun , yang berarti datang ke orang tua dengan segala ke ikhlasan lahir dan batin ,karena segala hidup dan kehidupan kita datangnya dari mereka.

Maka dalam hal ini, kemudian prosesi Serah Ponggokan ditandai dengan membawa ciri  jiwa yang hidup dan di kembalikan kep[ada orangtua sehingga bentuknya adalah; serah

  1. Jiwa Manusa
  2. Jiwa Hewan
  3. Jiwa Kendaraan
  4. Ngalaukan
  5. Ngabantuan Dapur Kasepuhan
  6. Ngabantuan Bangunan Kasepuhan
  7. Laporan Hasil Panen jeung Jumlah Leuit

atau lebih seperti penyerahan data sensus manusia yang lakii-laki dan yang perempuan, data hewan dan data kendaraan, tetapi juga acara ini lebih dalam persiapan menghadapi puncak acara tahunan yang di sebut dengan SERENTAUN yang juga membutuhkan sejumlah biaya, maka sekaligus kita membantu kasepuhan dengan memberikan sejumlah biaya lauk pauk untuk kita sendiri dan keluarga dengan rincian sebagai berikut.

 

Harga Ciri Jiwa Manusa 2019 Rp. 2000,-

Harga Ciri Jiwa Hewan 2019 Rp. 2000,-

Harga Ciri Jiwa Motor Rp. 5000,-

Harga Ciri Jiwa  Mobil Rp. 25.000,-

Ngalaukan Rp. 100.000,-

Gula Kalapa Rp. 10.000,-

Hateup Injuk Rp. 10.000

 

dengan demikian maka, anak incu kasepuhan baik yang didalam dan diluar akan pulang atau mengembalikan ciri hidup nya di acara Serah Ponggokan.

Pun!

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.