HARAKA HUMA

  Posted on   by   No comments

 

Haraka Huma merupakan selamatan dan sukuran dari tanaman sebagai hasil bumi  selain padi, seperti jagung, kacang, labu, buah buahan, dan sejenis buah lainnya yang dihasilkan.

Sukuran Haraka ini diadakan sebagai tradisi leluhur dalam hal selamatan dan mensukuri hasil bumi, iya padi menjadi makanan pokok saat ini, tetapi dalam sejarah tumbuh dan pertumbuhan kasepuhan, sebelum padi ada, makanan pokok sebelumnya sempat bersemayam pada jagung- kacang, buah saninten, haremut, gandrung, hanjeli dan umbi-umbian, yang bisa kita lihat pada masyarakat dan bangsa yang masih menggunakan makanan pokok nya selain padi p[ada saat ini. atau bisa dikatakan bahwa selamat ini diadakan sebagai prosesi selamatan pada makanan pokok yang menghidupi seluruh umat manusia dimanapun.

Prosesi Haraka Huma diadakan pada setiap menjelang waktu tanam padi ditutup, atau sekitar tiga bulan setelah penanaman padi huma.

sajian menu utama salamet Haraka adalah bubur jagong, kolek waluh, serta disajikannya berbagai hasil huma lainya seperti mentimun dan kacang kacangan.

 

Categories: Berita, PertanianTags:

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.