Rangkaian Prosesi Mipit Tahun Ini Akan Dimulai Di Huma Rurukan Pada 13 April 2017

  Posted on   by   No comments

Prosesi Mipit 2017 adalah kegiatan panen raya atau panen besar tahunan untuk musim tanam 2016. Prosesi ini akan dimulai dengan kegiatan Mabay, yaitu sebuah prosesi membuat ciri atau tanda di lahan padi yang akan di petik pada esok pagi saat kegiatan Mipit dimulai. Prosesi Mabay ini dapat diibaratkan sebagai kegiatan yang mirip dengan meminang pada manusia, sementara aktivitas memetik padi (Mipit) di pagi hari dapat diibaratkan sebagai prosesi pernikahan atau perkawinan. Setelah prosesi Mipit selesai, padi yang dipanen biasanya diboyong ke rumah padi atau leuit untuk disatukan dengan manusia.

Kegiatan panen padi di Kasepuhan Ciptagelar sampai saat ini masih mengikuti pola dan tata cara seperti yang diperintahkan oleh leluhur. Setiap kegiatannya selalu diawali oleh warga kasepuhan, yang selanjutnya akan diikuti oleh para incu putu atau warga kasepuhan di wilayah yang lain. Alat yang digunakan masih tradisional dengan menggunakan Etem atau Ani-ani untuk memetik padi satu persatu, sementara hasil panen diikat dan disimpan di Lantayan, yaitu tempat penyimpanan sementara selagi musim panen, sebelum nanti saatnya padi yang sudah kering akan diUnjal untuk kemudian disimpan ke dalam Leuit (lumbung padi).

Rangkaian kegiatan pada prosesi memetik padi dengan tata cara leluhur dapat diibaratkan sebagai sebuah prosesi ‘penyatuan’ atau perkawinan, sehingga istilah yang kerap digunakan untuk kegiatan memakan nasi sebagai proses menyatukan Sri dan Manusia di kalangan masyarakat Kasepuhan Ciptagelar sering disebut sebagai Nyatu. Sekedar catatan, meski istilah ini umum digunakan di kalangan masyarakat Citagelar, kata nyatu sejauh ini masih sering dianggap sebagai ekspresi bahasa yang kasar untuk beberapa kelompok masyarakat di daerah Priangan yang lainnya.

Categories: BeritaTags: ,

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.