NEW NORMAL Kasepuhan Ciptagelar

  Posted on   by   No comments

 

Info lengkap saat ini untuk yang hendak berwisata ke Kasepuhan sebut saja dengan  NEW NORMAL KASEPUHAN CIPTAGELAR, supaya juga menjadi catatan rekap waktu masa COVID19 pada tahun 2020.

Latar : Masa tenggang tertahannya kunjungan ke Kasepuhan telah menjadi pembanding waktu waktu kosong dan ramainya para pengunjung, sehingga membuahkan beberapa hal yang bisa disebutl negatif dan hal positif ,  baiknya kekosongan waktu ini bagi kami sekaligus juga berkesempatan untuk menata kunjungan para tetamu yang lebih melihat kasepuhan sebagai ranah wisata baru.

Ada beberapa hal jenis pendatang ke kasepuhan, yaitu sebagai :

  1. Anak Incu putu Kasepuhan atau keluarga kasepuhan yang tinggal di luar kasepuhan
  2. Para peneliti, Instansi pemerintahan, lembaga sosial, NGO dan study banding
  3. Wisatawan Asing dan wisatawan Lokal ,

New Normal Kasepuhan Ciptagelar, bagi yang mau datang berkunjung ke Kasepuhan Ciptagelar perhatikan hal berikut :

  1. Memberitahukan Rencana Kedatangan untuk Pengaturan Jadwal dengan para pendatang lainnya, dengan kontak ke
  • 0813 1916 7450 – Yoyoyogasmana – Jambatan
  • 0812 9667 2486 – Yanda – Kepala Dusun
  1. Pakaian – Mempersiapkan hal dan keperluan kunjungan ke  Kasepuhan untuk menjadi ketertibatan dan keselarasan masuk ke tata adat seperti dalam hal,
Pakaian

 

Laki-lakiIket Kepala /  Penutup kepalaDikenakan saat berada di kasepuhan Ciptagelar
PerempuanKain / sarung
    cara berpakaian yang selaras dan sesuai di kasepuhan adalah seperti tatanan diatas, hal ini menjadi penting untuk disampaikan supaya menjadi bahan persiapan. bagus nya akalau sudah memiliki, dan bagi yang belum atau ingin memeiliki, Kiosk Kasepuhan menyediakan kebutuhan ini yang bisa di beli atau menjadi oleh oleh dari kasepuhan
  1. Bako dan Parabokta ( ciri datang dan bertemu kasepuhan)

Kasepuhan Ciptagelar adalah masyarakat dengan tatanan adat dan tradisi yang sedang menjalankan titipan dari leluhur kami, sehingga salah satu tatanan nya adalah ‘Datang Katingali Tarang, Undur Katingali Punduk’ artinya selalu menyampaikan segala maksud tujuan kepada siapa yang didatangi dan menjadi tujuan utama kedatangan, ya Kasepuhan atau ke Sepuh, dalam hal ini bertemu dengan Abah sebagai tujuan akhir kasepuhan, maka siapapun yang datang  atau memiliki maksud ke kasepuhan, kami mempersiapkan bahan pertemuan sebagai ciri bukti kita (anak Cucu) punya maksud dan tujuan dengan menyiapkan Bako dan Parabokta  ( istilah sekarang, menyiapkan Rokok dan sejumlah Uang) yang besaran jumlahnya di tentukan sendiri oleh pendatang untuk di bawa ke kasepuhan yang akan di bawa/di antar oleh Pengurusnya.

 

  1. Penggantian Konsumsi

Bagi siapapun yang akan bepergian pasti akan menyiapkan segala kebutuhan yang nanti dalam perjalanan akan digunakan, termasuk hal konsumsi kalau tidak membawa bekal dari rumah maka menyiapkan pengganti untuk membeli makan di perjalanan, sebut saja begitu.

pengunjung yang datang datang ke kasepuhan setiap hari nya selalu tidak kurang, maka Dapur Imah Gede Kasepuhan yang dipimpin langsung oleh Emak ( Istri Abah) akan menyiapkan masakan selain untuk keluarga, juga untuk para pagawai kasepuhan dan juga para pendatang.  Dalam pengelolaan Dapur Imah Gede yang setiap harinya memasak nasi lebih dari 50Kg ketika sedang tidak ada kegiatan, maka lauk pauk mesti seimbang untuk lengkap nya prosesi makan, maka biaya lauk pauk sudah pasti selalu di butuhkan, dan sumber pendapatan kasepuhan dari warga kasepuhan yang saling berbagi untuk kebutuhan semuanya.

Nah, kasepuhan menerima biaya pengganti lauk pauk dari para pengunjung dengan Jumlah dan ketentuan biaya Konsumsi silahkan di tentukan sendiri, biaya ini di serahkan langsung kepada kepala dapur Imah Gede Kasepuhan  (yang diwakili oleh Mamah Iis ) dengan catatan tidak dititipkan kepada siapapun, maksudnya supaya  datang atau turunnya pun paling tidak di ketahui.

  1. Kontribusi kepada Kasepuhan dalam bentuk apa pun (diserahkan ke Kasepuhan).

menjadikan Ciptagelar sebagai destinasi wisata, tentunya kami mengaharapkan sharing dari hasil penjualan promosi kegiatan yang diselenggarakan, atau bahkan memiliki barang dan benda dari program yang dijalankan yang juga selaras dengan program kebutuhan kasepuhan.

  1. Membantu maintenance Turbin Kasepuhan (diserahkan ke Kasepuhan)

saat ini kebutuhan power dari kelistrikan untuk menghidupkan perangkat modern, gadget misalnya, di belahan indonesia umumnya sudah menerapkan biaya charging, demikian pula untuk maintenance Turbin air yang kami jalankan, biaya yang terkumpul akan sangat membantu.

  1. Biaya Akomodasi

Akomodasi penginapan di kasepuhan alternatif nya di Imah Gede Kasepuhan, atau dirumah warga sekitaran perkampungan, alokasi yang ada silahkan di arahkan.

 Imah GedeRp.Diserahkan ke Ma Iis
Imah WargaRp. 50K/Org/malamDiserahkan ke pemilik / pengurus
  1. Biaya lainnya,

informasi lain yang mesti dipersiapkan adalah mempersiapkan biaya untuk maintenance dan perbaikan jalan. Jalan jalan penghubung  di bikin oleh kasepuhan ini masih ada yang belum tersupport oleh pemerintahan, sehingga anjuran membayar Portal jalan ini sangat membantu untuk perbaikan nya.

Untuk membantu lingkungan perkampungan dan retribusi sampah , maka bea masuk yang baru diterapkan kali ini akan sangat bermanfaat.

Portal jalanKendaraanMotor  Rp. 5000,-

Mobil  Rp. 10.000

Bea masuk KasepuhanOrangRp. 5.000,-
  1. Menyampaikan Kedatangan ke kasepuhan,
  2. Tidak melakukan hal yang bertolak belakang dengan tatanan
  3. Membawa sampah kembali pulang

 

***Tim Penerima Tamu Kasepuhan adalah pihak pemerintahan yang terdekat, maka hal ini dipimpin langsung oleh kepala Dusun 07 Desa Sirnaresmi kec. Cisolok kab. Sukabumi

 

INFO lainnya:

KIOSK Oleh Oleh Kasepuhan , menyediakan perangkat pakaian adat, T-shirt, Simpay, Kaneron, Gula Kawung Toros, Gula Kawung semut, Kopi Ciptagelar, Kopi + Gula Aren Ciptagelar, Etem- alat pemotong Padi, Tolok, Bedog, dll.

 

Selamat datang di kasepuhan Ciptagelar, nanti selesai masa pandemi berlalu.

salam, Sampurasun!

 

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.