Serentaun #653 Kasepuhan Ciptagelar

  Posted on   by   No comments

Tradisi yang telah berlangsung 653 tahun sejak 1368 yaitu kegiatan puncak tutup tahun pertanian, dengan segala hingar bingar sebagai pesta tahunan serentaun, untuk tahun ini akan dilaksanakan secara internal, dan hanya oleh warga kasepuhan yang tinggal didalam wilayah kasepuhan saja, Para Pedagang dan para tetamu pun untuk tahun ini tidak akan ditemukan keberadaannya.

Kasepuhan Ciptagelar lewat kepanitiaan Serentaun, telah mengambil kebijakan demi terciptanya kondusifitas dan kenyamanan bagi semuanya dengan keputusan menutup semua kunjungan dari luar wilayah kasepuhan, termasuk warga yang tinggal nya di luar wilayah atau lebih tepatnya mereka yang tinggal di perkotaan, seperti kota terdekatnya adalah kota Palabuanratu pun, tidak diharapkan kedatangan di acara taunan ini.

Kebijakan diambil dengan beberapa pertimbangan, seperti dimaklumi oleh semuanya kondisi Pandemi yang belum jelas tuntas dan selesainya saat ini tentunya menghawatirkan bagi siapa saja.

  • Kasepuhan Ciptagelar  berada di Zona Hijau peta Pandemi ini, artinya di zona ini semua aktifitas dan kegiatan masyarakat bisa dilaksanakan seratus persen tanpa adanya batasan batasan apapun, dan titipan tradisi mesti dijalankan dengan segala tata adatnya. Demi kebaikan semuanya, pemberlakuan BLOCKDOWN / LOCKDOWN dalam acara Serentaun#653 ini adalah jalan terbaik.
  • Kasepuhan masih dalam masa berkabung Ibu kami tercinta, sehingga pelaksanaan serentaun pun akan di sesuaikan keramaiannya.

Pembatasan Kunjungan ke Kasepuhan Ciptagelar telah dimulai sejak pemberlakuan PPKM pertama sejak bulan Juli hingga waktu yang belum ditentukan untuk tahun 2021 ini, merunut kepada keberlangsungan acara Serentaun#653 ini, masih berada didalam waktu Pembatasan Kunjungan, sehingga kami tidak menginfokan tanggal pelaksanaan kegiatan Serentaun#653 di media sosial manapun, walaupun ada yang pernah menginfokan, itu adalah waktu yang salah bagi pelaksanaannya nanti.  waktu pelaksanaan tidak di infokan dengan maksud demi kebaikan bersama supaya tidak ada berharap dan berupaya datang, mengingat dari  kejadian Serentaun berlangsung seperti kejadian tahun lalu di 2020.

Untuk Tahun ini kebijakannya adalah orang  yang naik disaat ini hingga waktu pelaksanaan Serentaun nanti,  akan di putar arahkan untuk kembali atau mengarah ke derah lain, tidak masuk ke pusat kasepuhan di Ciptagelar.

Nah, demi terciptanya kebaikan, mohon dimaklumi, mohon maaf, mari saling menghormati kebijakan ini supaya nilai nilai tidak luntur dan saling membangun kepercayaan, utama nya proses penyebaran Pandemi supaya cepat mereda dan cepat selesai tuntas, agar kita bisa lagi beraktifitas seperti sebelumnya.

Salam sehat bagi semuanya, Salam sejahtera dan jangan lupa untuk tetap berbahagia.

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + two =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.