Tutup Nyambut

  Posted on   by   No comments

Prosesi Tutup Nyambut adalah prosesi yang menjadi pintu akhir masa penanaman padi di Kasepuhan telah berakhir, setelah sebelumnya prosesi mengolah lahan untuk padi ini disebut dengan Prosesi Turun Nyambut, yang kemudian dilanjutkan dengan masa penanaman padi ini yang disebut Ngaseuk.

Prosesi ditutupnya masa pengolahan lahan dan masa penanaman padi ini sudah menjadi sebuah tata aturan leluhur yang menjadi tradisi secara tata adat, ini berkaitan dengan posisi bintang Kidang yang sudah berada di posisi jam 2 an, artinya juga bahwa waktu tanam serangkai dengan waktu tumbuh padi hingga masak untuk dipanen sekitar tiga bulanan kedepan, dan kalau melebihi waktu penanaman bisa berakibat pada gagalnya hasil panen, karena secara waktu akan bentrok dengan masa Surup Kidang Datang Kungkang.

sebagai review, bahwa patokan pertanian kasepuhan adalah

Tanggal Kerti Turun Wesi,

Tanggal Kidang Turun Kujang,

Dimana Surup Kidang Datang Kungkang.

untuk memaknai Surup Kidang Turun Kungkang ini, adalah memaknai posisi bintang Kidang ( the Orion) sudah menghilang dari garis horizon, itu artinya bahwa Hak watu untuk manusia sudah berakhir, karena  Hak waktu bagi hidup dan kehidupan selain manusia, misalnya waktunya para serangga berkembang biang, yang ditandai dengan turun nya Kungkang atau Walang Sangit di tengah lahan pertanian padi.

Maka prosesi ini menjadi penting ditandai karena tanda alam dan perhitungan terhadap waktu yang menjadi Hak bagi kita sebagai manusia.

 

Menu Utama prosesi ini adalah dibuatkannya bubur ketan hitam yang dicampur dengan sarang walet, selain menu makan untuk selamatan seperti biasanya, bubur ketan hitam sarang walet ini adalah makanan obat untuk mengembalikan stamina dari tenaga yang kita keluarkan selama menggarap lahan pertanian. Bubur ketan itam sarang walet ini juga lebih utama diberikan kepada Kerbau yang telah membantu dalam proses garap lahan dari awal hingga akhir pengolahan lahan pertanian.

setelah prosesi ini kedepan kita bersiap untuk menyambut bunting padi nya deng prosesi Salamet Pare Nyiram, Mapag Pare Beukah.

 

bubur obat buat stamina

Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.